Senin, 12 Januari 2009

Pasang Hard Disk Di Play station PS2

Pada mulanya sih ngga peduli soal PS2 karena memang ngga suka (jadi ngga kepengin beli). Main game cukup lah di PC aja. Tapi suatu hari ada temen nelpon yang mengeluh kepengin pasang hard disk di PS2 dia karena optik nya udah jebol dipake anaknya yang over playing. Disamping harga optik PS2 yang mahal, susah didapat juga (mungkin karena sudah discontinued product). Akhirnya temen itu nanya ke saya apa ada cara install pasang hard disk di play station PS2. Karena kalo pake NA (network adapter) mahal, stok kosong dan sering mengalami masalah kompatibilitas.

Saya coba googling dan hasilnya memang luar biasa. Rupanya bisnis pasang hard disk PS2 ini terkesan kuat dijadikan lahan misterius supaya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa pasang hard disk nya. Padahal setelah 15 menit googling, saya nemu satu web site yang berhasil mengakali board PS2 untuk dipasangi hard disk. Jadi sengaja saya open saja di sini supaya setiap orang menjadi tau cara pasangnya. Sehingga pada akhirnya memilih orang lain untuk membantu memasangkan hard disk adalah menjadi optional saja. Dan setidaknya kalo semakin banyak orang yang bisa, ongkos pasang hard disk PS2 bisa lebih murah.

Artikel aslinya ada di http://hackaday.com/2005/02/14/hack-your-pstwo-to-support-a-hard-disk/ . Meskipun bahasanya boso londo, tapi sebenernya tidak ada yang perlu diterjemahkan karena gambar foto yang dibuat sang penulis artikel sudah sangat menjelaskan. Alat yang dibutuhkan hanya satu yaitu solder. Dan material yang dibutuhkan cuma kabel hard disk tipe IDE. Sisakan salah satu ujung konektor untuk tetep ada untuk dihubungkan ke hard disk. Sedangkan ujung yang lain dibuang konektornya dan ujung-ujungnya dikupas untuk disolder langsung ke titik di motherboard ps2. Titik-titik kuning adalah nomor PIN hard disk. Dan satu lagi, ini cuma kabel data. Hard disk anda membutuhkan power supply dari kabel yang lain khusus power supply. Power supply bisa dibuat sendiri dengan menyediakan tegangan +5 V dan +12V. Perhatikan arus yang dibutuhkan oleh hard disk dengan melihat stiker spesifikasinya. Kabel power supply hard disk standard komputer adalah merah untuk +5V dan kuning untuk +12V. Sedangkan hitam adalah ground.

harddiskps2

DISCLAIMER
1. Don’t use pirated product.
2. Do it with your own risk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar